Tuesday, January 26, 2016

Trick Ms. Excel : Membuat kolom tanda tangan dengan cepat menggunakan fungsi IF

         Sebagai guru atau staf tata usaha di suatu sekolah atau apapun pekerjaannya yang berhubungan dengan mengetik sering membuat tabel pada program Ms. Excel yang di salah satu kolomnya terdapat kolom tanda tangan seperti contoh berikut :

       
         Tabel di atas adalah contoh absensi guru di suatu sekolah dengan jumlah guru lebih dari 50 orang (gambar di atas dipotong hanya menampilkan 12 guru). Untuk mengetik titik-titik yang bernomor pada kolom tanda tangan, jika diketik secara manual sedikit banyaknya akan menyita waktu.

         Ada cara praktis yang dapat diselesaikan dengan cepat yaitu menggunakan fungsi IF, seperti contoh gambar di bawah ini.


         Pada cell B7 berisi rumus atau fungsi IF seperti pada kotak berwarna kuning di atas. 

         Cara mengetik rumus atau fungsi tersebut adalah ketik di cell D7 seperti contoh di atas, kemudian salin ke cell yang lain di bawahnya. Ingat dalam mengetik rumus atau fungsi harus selalu diawali dengan tanda sama dengan (=).

         Melalui cara seperti contoh di atas maka pekerjaan mengetik dengan Ms. Excel akan diselesaikan dengan cepat dan menyenangkan.

         Kita harus berprinsip bahwa dalam menyelesaikan setiap pekerjaan, pekerjaan itu bukan hanya selesai. Tetapi bekerjalah dengan cerdas dan selalu berpikir mencari cara untuk mempermudah pekerjaan tersebut.
         
          Untuk lebih praktis silakan download file Ms. Excel seperti contoh di atas, pada link di bawah ini yang terdapat di akhir artikel.


No comments:

Post a Comment